Peran Boneka Untuk Perkembangan Anak

15.43


Tidak dapat dipungkiri bahwa mainan boneka merupakan salah satu mainan favorit si kecil. Mom and Dad's juga pasti pernah memberikan sebuah boneka untuk buah hati di rumah, baik saat si kecil berulang tahun, atau saat Mom and Dad's ingin memberikan surprise kepada si kecil bukan? Dan apa reaksi si kecil saat diberikan boneka tersebut? pastinya buah hatinya akan mengekspresikan kebahagiaan nya ke Mom and Dad's secara spontan lewat ekspresinya yang menggemaskan.

Kenapa ya kira-kira mainan boneka dari dahulu selalu menjadi mainan favorit bagi si kecil? lalu apa  peran dari boneka tersebut bagi perkembangan si kecil? Boneka dapat memiliki bentuk yang beragam mulai dari boneka barbie yang mirip dengan manusia, hingga boneka berwujud hewan lucu seperti boneka beruang, macan tutul dan lain sebagainya. Bagi si kecil boneka merupakan makhluk hidup yang dapat diajak berkomunikasi dan memerlukan perhatian serta kasih sayang. Karenanya si kecil sering berinteraksi dengan boneka tersebut dan menunjukkan kasih sayangnya bahkan tidak sedikit yang juga yang berkomunikasi dengan orang tua nya mengenai boneka tersebut.



Peran mainan boneka untuk si kecil diantaranya adalah antara lain :

1.Meningkatkan keterampilan sosial dan bahasa.
Saat si kecil memegang boneka dan melakukan pembicaraan, si kecil akan merasa bahwa boneka tersebut merupakan temannya dan akan meluangkan ide-ide atau pemikirannya kepada boneka tersebut sehingga kemampuan berbahasanya dapat lebih terlatih.

2.Boneka sebagai alat untuk melatih gerakan motorik kasar dan halus buah hati Anda.
Memberi botol susu, mengganti pakaian boneka, menggendong boneka, memindahkan atau mengambil barang-barang keperluan boneka merupakan gerakan-gerakan kecil yang dapat meningkatkan gerak motorik halus si kecil karena melibatkan jari-jari tangan dan kaki, serta gerakan tangan dan kakinya untuk melatih gerak motorik kasarnya.

3.Membantu meningkatkan kemampuan imajinasi dan kreatifitas
Saat si kecil berbicara dengan bonekanya, si kecil akan melibatkan dirinya pada suatu adegan skenario dimana si kecil dan bonekanya memiliki hubungan yang kuat. Semakin beragam skenario yang dapat diciptakan si kecil akan semakin meningkatkan kemampuan imajinasinya.

So Mom and Dad's, saat melihat si kecil sedang asyik bermain peran dengan bonekanya para orang tua juga dapat terlibat untuk membantu si kecil dengan cara memberikan interaksi yang positif kepada si kecil dan bonekanya, dan memberikan sedikit tips untuk si kecil tentang bagaimana cara merawat bonekanya seperti sedang merawat makhluk hidup, agar si kecil memiliki rasa tanggung jawab terhadap boneka kesayangannya. Selamat mencoba..

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔